Merupakan pengolah data angka secara otomatis yang meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pengolah data, pembuatan grafik dan managemen data.
selain itu excel juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai urusan administratif, mulai dari yang sederhana sampai yang paling kompleks. misalnya yang sederhana membuat kebutuhan belanja, meliputi nama barang, jumlah dan perkiraan harga, sampai menggunakan formula untuk menemukan solusi dalam menentukan data nilai.
Komponen Excel 2007
1. Office Button
menu berisi perintah new, open, save, print, publish dll
gambar office button 1.1
2. Quick Access Toolbar
Merupakan tombol untuk mempercepat akses menuju perintah tertentu. Bisa kita tambahkan maupun kurangi. Biasanya saya menambahkan tombol yang sering digunakan supaya tidak terlalu banyak mengakses ribbon.
Untuk menambahkannya ikuti langkah berikut.
1. Klik Customize Quick Access Toolbar. Lalu, klik More Command.
2. Pilih pada bagian Customize.
pada popular commands, pilih tool yang ingin kita tambahkan. misal, klik print preview.
lalu klik add
Tampilan tool yang kita tambahkan muncul di bagian for all documents. klik ok.
Sebaliknya menghilangkan tool yang diinginkan klik remove lalu ok.
3. Tampilan setelah ditambahkan toolnya (prin preview)
3. Document Title
merupakan judul program dan dokumen aktif atau nama file diikuti nama aplikasinya dari lembar kerja yang sedang dikerjakan.
4. Tab Ribbon
merupakan deretan toolbar yang berisi beberapa group.
5. Group
berisi perintah yang sudah dikelompokkan sesuai fungsinya.
Bekerja Dengan Workbook
workbook adalah file excel yang didalamnya terdiri dari beberapa worksheet. diibaratkan buku yang terdiri dari lembar2 kertas atau worksheet.
Membuka Workbook
klik start > all program > microsoft office > ms. office excel 2007
Menyimpan Workbook baru
ctrl+s > pilih lokasi penyimpanan > ketik nama file > pilih tipe file > save
Menu Home
Menu Home terdiri dari :
1. Clipboard
1. Cut
Memindahkan dan memotong objek gambar atau tulisan
2. Copy
Menyalin teks dan objek gambar
3. Paste
Menempatkan hasil cut dan copy.
4. Paste Spesial
2. Font
1. Bold
Mencetak Tebal atau mempertebal tulisan
2. Italic
Mencetak miring atau membuat tulisan miring
3. Underline
Memberi garis bawah pada tulisan
4. Font
Menentukan jenis tulisan
3. Aligment
4. Number
5. Style
6. Cell
7. Editing
Bersambung ....
0 komentar:
Posting Komentar